PENGARUH PHYSICAL ACTIVITY IBU HAMIL TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III

Mail Christiani Bumi Pangesti(1*)
Mail Wahyu Dwi Agussafutri(2)
Mail Yuni Anggrawati(3)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Kusuma Husada Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Nyeri punggung merupakan gangguan yang umum terjadi pada kehamilan. Untuk mengatasi nyeri punggung dapat dilakukan dengan Physical Activity diantaranya senam hamil dan prenatal yoga. Latihan ini bermanfaat membentuk postur tubuh tetap tegak, meningkatkan keseimbangan serta melenturkan tonus otot.

Tujuan :  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Physical Activity Ibu Hamil Terhadap Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester III. Metode :  Jenis penelitian pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttes design. Populasi penelitian adalah ibu hamil yang kehamilannya memasuki trimester III sejumlah 30 ibu hamil. Teknik sampling diambil secara purposive sampling. Analisa data menggunakan Wilcoxon Signes Ranks Test.

Hasil: Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signes Ranks Test diperoleh nilai p-value lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh physical activity terhadap nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III di PMB Yuni Anggrawati. Hasil diatas menunjukkan bahwa dilakukan physical activity dengan melakukan senam hamil dan prenatal yoga terbukti mampu mengurangi nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III. Hal tersebut terjadi karena dengan dilakukan senam hamil dan prenatal yoga maka nyeri punggung pada ibu hamil trimester III bisa di atasi dan ibu merasa nyaman.

Kesimpulan: Ada pengaruh physical activity ibu hamil terhadap nyeri punggung bawah pada ibu hamil Trimester III.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v15i1.987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.