KEBUTUHAN INFORMASI TENTANG TRIAD KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (KRR) PADA MASA PANDEMIK COVID 19

Mail Herlin Fitriani Kurniawati(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Remaja mempunyai permasalahan yang sangat kompleks seiring dengan masa transisi yang dialami. Masalah yang menonjol dikalangan remaja yaitu permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), rendahnya pengetahuan remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja dan median usia kawin pertama perempuan relatif masih rendah.

Tujuan : Penelitian untuk mengetahui kebutuhan informasi tentang TRIAD KRR pada masa pandemic covid 19.

Metode : Desain penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif analitik, pendekatan waktu cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa SMA/SMK di Kulon Progo dan bersedia untuk menjadi responden dalam penelitian. Teknik pengambilan sampling dengan simple random sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Instumen penelitian menggunakan kuesioner yang akan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data secara deskriptif dengan melihat presentase data yang telah disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.

Hasil : penelitian menunjukkan sebanyak sebagian besar yaitu 86% menyatakan butuh informasi TRIAD KRR, 42% mempunyai pengetahuan cukup tentang TRIAD KRR, sebanyak 79% menyatakan sumber informasi tentang TRIAD KRR dari bebagai sumber seperti buku/majalah/surat kabar, internet, televisi, radio, nakes, orang tua, teman sebaya, sedang sebanyak 21% menyatakan belum pernah mengakses dari sumber manapun, sebagian besar responden memilih untuk mendapatkan informasi tentang TRIAD KRR pada masa pandemi covid dengan menggunakan metode online sebanyak  69%, sebesar 79% menyatakan pernah mengakses informasi tentang TRIAD KRR, baik seksualitas dan atau HIV AIDS dan atau Napza.

Simpulan : remaja membutuhkan informasi tentang TRIAD KRR dari berbagai sumber baik online maupun offline



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v15i1.990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.