HUBUNGAN PENGETAHUAN BIDAN TENTANG MIDWIFE-LED CARE TERHADAP PERAN BIDAN DALAM PENDAMPINGAN PRA KONSEPSI CATIN (CALON PENGANTIN) SEBAGAI UPAYA CEGAH STUNTING

Mail Machfudloh Machfudloh(1*)
Mail Is Susiloningtyas(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Pembaruan strategi percepatan penurunan stunting salah satunya dengan pendekatan keluarga melalui pendampingan keluarga berisiko stunting untuk mencapai target sasaran sasarannya yaitu calon pengantin (catin)/calon Pasangan Usia Subur (PUS). Bidan diharapkan mampu menerapkan model Midwife-led care yaitu model asuhan yang dipimpin Bidan yang memberikan asuhan dari bidan atau tim bidan yang sama selama kehamilan, kelahiran, dan masa awal pengasuhan dengan rujukan ke penyedia. Peranan Bidan dalam rangka memperkuat pelaksanaan tugas pendampingan keluarga memiliki peranan sebagai koordinator pendampingan keluarga dan pemberi pelayanan kesehatan.

Tujuan :  untuk mengetahui hubungan pengetahuan Bidan PMB tentang model Midwife-Led Care terhadap peran Bidan dalam pendampingan pra Konsepsi Catin Ceting (Calon Pengantin Cegah Stunting) di Jawa Tengah.

Metode :  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Bidan PMB di Jawa Tengah tahun 2022 dengan jumlah 386 sampel, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data primer. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan Uji Chi Square.

Hasil: Karakteristik responden didapatkan bahwa sebagian besar responden berumur >35 tahun sebesar 347 responden (89,9%) dan sebagian besar lama bekerjanya ≥5  tahun sebesar 327 responden (84,7%), Pengetahuan responden sebagian besar responden memiliki  pengetahuan kurang baik tentang model midwife-led care yaitu sebanyak 271 orang (70,2 %), Peranan Bidan PMB sebagian besar peranan Bidan PMB dalam pendampingan pra konsepsi catin ceting kurang baik yaitu sebanyak 348 responden (90,2 %) dan terdapat hubungan antara pengetahuan Bidan PMB tentang Midwife-led care terhadap peran Bidan dalam pendampingan prakonsepsi pada calon pengantin dengan nilai P value (0,003).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan Bidan PMB tentang Midwife-led care  memiliki hubungan dengan terhadap peran Bidan dalam pendampingan prakonsepsi pada calon pengantin.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v15i1.993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.