PENGARUH SENAM HAMIL TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA KEHAMILAN TRIMESTER II DAN III DI PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Mail Suciyanti Miharja Bihalia(1*)
Mail Nuli Nuryanti Zulala(2)
Mail Luluk Khusnul Dwihestie(3)


(1) , Indonesia
(2) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Nyeri punggung merupakan keluhan yang sering dialami wanita hamil pada trimester II dan III, penanganan nyeri punggung non farmakologi dapat dilakukan senam hamil. Senam hamil merupakan salah satu senam yang dilakukan kepada ibu hamil untuk mempersiapkan dan melatih otot-otot sehingga dapat dimanfaatkan agar berfungsi secara optimal dalam meringankan nyeri punggung bawah dan   persalinan normal.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap penurunan nyeri punggung pada kehamilan trimester II dan III di Puskesmas Kasihan I Bantul.

Metode: Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental, dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 25 ibu hamil yang mengalami nyeri punggung. Bahan dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi nyeri FPS-Revised dan data demografi ibu.

Hasil: Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik Wilcoxon sign rank dengan hasil 0,000.

Kesimpulan: Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh senam hamil terhadap penurunan nyeri punggung pada kehamilan trimester II dan III di Puskesmas Kasihan I Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan kepada para ibu hamil melakukan senam hamil secara rutin untuk menurunkan nyeri punggung selama kehamilan.




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v15i1.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.